Front End Vs Back End dalam dunia Blogging, Apa Bedanya?

Front End Vs Back End dalam dunia Blogging, Apa Bedanya?

Front End Vs Back End : Dalam tutorial membuat blog, istilah front enda dan back end akan sering teman teman jumpai.

Daripada berujung pada kebingungan lebih baik kita bahas secara singkat arti istilah front end dan back end dalam dunia blogging.

Teman teman cukup memahaminya secara sekilas sebagai tambahan pengetahuan saja !

Front End

Secara harfiah, front end artinya adalah bagian depan

Sedangkan dalam ilmu komputer, pengertian front end adalah Bagian depan sebuah program atau situs web yang digunakan user untuk berinteraksi. Dari sudut pandang pengguna, frontend identik dengan antarmuka pengguna

Contoh Front End

Bila teman teman mengakses blog gurublogger.id teman teman akan dihadapkan pada halaman front end blog seperti gambar dibawah ini :

contoh-frontend-webisteHal yang sama untuk sebuah program, ketika teman teman membuka microsoft word atau excel yang teman teman lihat adalah sebuah halaman front end program microsoft word

Front End Developer

Secara harfiah, developer artinya adalah pengembang (orang yang mengembangkan program, disebut juga dengan istilah programmer)

Jadi istilah front end programmer adalah orang yang mengimplementasikan tampilan visual sebuah program atau website sehingga user bisa melihat, menggunakan, dan berinteraksi dengan program tersebut.

Dalam dunia blogging istilah untuk front end programmer bisa disematkan untuk orang orang yang membuat template blogger.

Back End

Secara harfiah, back end bisa diartikan sebagai bagian belakang sebuah aplikasi atau website yang tidak terlihat oleh user

Sedangkan menurut istilah ilmu komputer, pengertian back end adalah bagian dari sebuah program atau website yan tidak terlihat oleh user dan bertanggung jawab untuk menyimpan, serta mengolah data agar informasi dapat terlihat pada halaman front end (Backend = server side)

Contoh Back End

Bila teman teman mengakses blogger.com (dasbor blogger) itulah halaman back end untuk blog yang dibangun dengan platform blogger.

contoh-back-end-website

Halaman back end untuk website yang dibangun dengan platform joomla maupun wordpress memiliki halaman back end yang kurang lebih sama

Back End Developer

Backend developer adalah pengembang yang bertugas memastikan semua program, database, script, dan desain bisa di tampilkan di halaman front end dengan baik.

Tugas utamanya adalah membuat logika yang menghubungkan antara server dan front end.

Untuk menjadi seorang back end developer sebuah website atau blog, kemampuan dasar yang harus dimiliki adalah CSS, html, dan Javascript.

Ketika kita mengedit template dan memasang gadget gadget di blog, pada dasarnya kita telah bermain main seperti layaknya seorang back end developer amatir (karena bagian terbesarnya dikelola oleh back end developer blogger.com)

Berbeda dengan website lain seperti joomla atau wordpress dimana teman teman merangkap sebagi penulis, admin, front end developer sekaligus back end developer.

Artikel ini merupakan bagian dari kurikulum panduan membuat website, untuk melihat seluruh materi silahkan klik daftar isi

Komentar
Silahkan, saya ga nggigit !