1. Guru Blogger ID
Persamaan VS Perbedaan Blog dan Website Secara Etimologi

Persamaan VS Perbedaan Blog dan Website Secara Etimologi

Bila dibandingkan dengan ulasan serupa dari blogger lain mungkin gurublogger.id punya jawaban berbeda terkait pertanyaan

Apa perbedaan blog dan website?

Tdak ada masalah !! sekarang jaman kebebasan berbicara ya kan :D



"Blog dan website pada dasarnya sama saja, blog itu ya website !!",

Namun bila pernyataannya dibalik maka akan memiliki makna yang berbeda

Website itu banyak jenis, ada blog ada ecomerce ada sosmed dll.

Jadi, perbedaan itu memang ada... tapi sejauh mana?

Singkatnya, analogi yang cocok untuk menggambarkannya adalah dengan mengajukan pertanyaan yang setype : "Apa Perbedaan Antara Jazz dengan Musik"


1. Perbedaan Blog dan Website


Berbicara tentang topik Blog VS Website sebenarnya kita berangkat dari konteks pertanyaan yang salah

Ditambah lagi ketika netizen mengetik pertanyaan tersebut di google, semuanya menjadi runyam.

Kok bisa?

Karena atas setiap pertanyaan yang kita ketik pada mesin pencari akan ditampilkan pada keyword analytic,

para blogger bisa melihat data apa saja yang dicari oleh netizen di internet.

Atas keyword yang banyak dicari tersebut akhirnya oleh para blogger dibuatkan ulasan untuk menjawab pertanyaan tersebut, dalam konteks ini adalah Perbedaan Blog dengan Website.

Pada akhirnya muncullah artikel artikel dengan judul 50 perbedaan web dengan blog, 20 perbedaan antara web dgn blog, dll

Kalau kita kembalikan kepada konteks pembicaraan,

Sebenarnya Apa perbedaan antara Jazz dan Musik? :D Jazz itu ya musik...

Jadi mari kita selesaikan secara damai dan semoga apa yang GuruBlogger tulis disni bisa memberikan sudut pandang baru tentang bagaimana melihat perbedaan ini.


ETIMOLOGI Perbedaan Blog dan Website


Kembali pada analogi musik dan jazz diatas, mungkin musik pertama kali diciptakan pada zaman purba pada saat kakek buyut kita mengetuk ngetuk bambu.

Mereka kemudian menambahkan ritme, ditambahkan pula suara suara lain yang pada akhirnya membuat kumpulan suara itu terdengar indah,

Mungkin seperti itulah awal mula musik diciptakan...... mungkin!!

Tahun dan abad berlalu akhirnya pada era 90 an almarhum didi kempot membuat genre tersendiri yang membedakan musiknya dengan aliran pop dan rock

Begitulah kira kira awal kelahiran campur sari...... mungkin!!

Kalau sejarah web dengan blog gimana? kan kita lagi ngomongin itu?


Gambar diatas adalah tampilan website pertama di dunia, bagus ya webnya !!

World Wide Web (kita menyebutnya website) pertama kali ditemukan oleh Tim Berners-Lee, seorang ilmuwan Inggris pada tahun 1989 saat bekerja di CERN.

Web pada awalnya disusun dan dikembangkan untuk memenuhi permintaan berbagi informasi otomatis antara ilmuwan di universitas dan lembaga di seluruh dunia.

Kalau blog?


Para ahli bersepakat bahwa blog pertama di dunia adalah links.net yang dibuat pada tahun 1994 oleh Justin Hall untuk mempublikasikan tulisannya yang berupa diary kehidupan pribadi, saat itu website seperti ini disebut dengan sebutan "Online Diary" atau "Personal Pages".

Pada tahun 1997 John Berger menciptakan personal pagesnya sendiri dengan nama "Robot Wisdom", dia memberikan sebutan kepada personal pagesnya dengan sebutan "Weblog"  berasal dari kata Web+ Log --> disingkat Blog , dari situlah awal mula sebutan Blog.

Dari sedikit brief sejarah blog dan web diatas kita bisa mulai menarik kesimpulan awal :

Pada 1997 definisi blog adalah sebuah website yang mempublikasikan konten personal seperti kegiatan, ide, pandangan politik, sosial dll yang intinya kesemuanya berasal dari personal thought si penulis (pandangan pribadi).

Blog tidak bisa dibedakan dengan jenis website lain berdasarkan tampilannya, yang membedakan adalah isinya yang lebih bersifat lebih personal thought (pandangan pribadi).

Kalau definisi blog tahun 2020?

Seiring perkembangan teknologi, banyak hal yang sudah tidak lagi relevan dengan masa lalu.

Beberapa perusahaan terkenal telah memiliki blog perusahaannya masing masing, kata "personal" pada akhirnya bisa berarti apa saja.


TERMINOLOGI Perbedaan Blog dan Website


Kalau etimologi adalah studi sebuah istilah dari origin (sejarah) tentang bagaimana istilah itu tercipta,

Maka terminologi adalah bagaimana suatu istilah diadopsi oleh sebuah budaya (digunakan sebuah komunitas)

Atau bagaimana sebuah istilah dipahami olah masyarakat pada umumnya.

Pengertian blog berdasarkan berdasarkan KBBI: Blog adalah catatan harian atau jurnal pribadi di internet yang dapat diakses oleh siapa saja

Pengertian blog berdasarkan Cambridge Dictionary: a regular record of your thoughts, opinions, or experiences that you put on the internet for other people to read (Blog adalah catatan tentang opini pribadi dan pengalaman yang ditulis di internet agar dapat dibaca orang lain)

Pengertian blog berdasarkan Oxford Dictionary: a regularly updated website or web page, typically one run by an individual or small group, that is written in an informal or conversational style. (Blog adalah website atau web page yang di update secara reguler yang biasanya dijalankan oleh seseorang atau kelompok kecil orang dan ditulis dengan gaya bahasa non formal atau dalam bentuk percakapan).

Pengertian blog berdasarkan Merriam Webster: 1. a website that contains online personal reflections, comments, and often hyperlinks, videos, and photographs provided by the writer (Blog adalah sebuah website yang berisi refleksi pribadi, komentar, link, video, dan foto yang disediakan oleh penulisnya.

Pengertian blog berdasarkan Merriam Webster: 2. a regular feature appearing as part of an online publication that typically relates to a particular topic and consists of articles and personal commentary by one or more authors (Blog adalah sebuah fitur yang dipublikasikan secara online yang biasanya berhubungan dengan topik tertentu dan terdiri dari artikel dan komentar pribadi oleh satu atau lebih penulis)

Setiap kamus memberikan definisi yang berbeda tentang blog, itu wajar karena kemus pada dasarnya adalah definisi sebuah istilah oleh sebuah masyarakat atau komunitas tertentu.... beda masyarakat tentu permahaman budayanya pun berbeda.

Namun yang patut digaris bawahi adalah Merriam Webster dan Oxford dictionary sepemahaman dengan blogger.id, mereka mendefinisikan bahwa blog adalah website :D


#2: Perbedaan Blog dengan Website Non Blog


Tambahan kata "Non Blog" membuat topik kita jadi lebih relevan, dengan demikian kedua hal tersebut dapat diperbandingkan.

Website non blog (website bukan blog) diantaranya adalah TV & Video Streaming Site (youtube, metacafe, dll), Web Medsos (Facebook, Twitter, dll), Portal (Yahoo dll), Ecomerce (Tokopedia, bukalapak dll), Wiki & Comunity Site (Wiki How, Wikipedia, Kaskus dll) dan masih banyak yang lainnya.



Berdasarkan etimologi dan terminologi, blog adalah website yang dibuat lebih personal.

Personal artinya setiap tulisan yang disampaikan didalamnya baik itu berupa ide, gaya bahasa, narasi, deskripsi, tulisan, gambar, video dll adalah murni personal thought (pandangan pribadi).

Lalu bagaimana dengan coding, tampilan yang lebih profesional dll?

Secara tampilan blog dan website sama saja (karena blog itu ya web juga), dan kalau kita kembali pada penjelasan etimologi yang sudah dijelaskan diatas, gambar tampilan web pertama di dunia sama sekali tidak profesional.

Terkait coding dan bahasa yang dipakai pun sama, dibuat dengan css, html, dan javascript

Closing statement: JELASKAN PERBEDAAN ANTARA DANGDUT DAN MUSIK :D


Bonus:

Komentar

Silahkan, saya ga nggigit !