Tips dan Trik Cara Bongkar SEO (Search Engine Optimization)

0
442

Jika ada yang bilang bahwa konten tidak begitu penting dalam kontes seo, iya bisa dibenarkan tetapi bukan berarti penulisan dalam kontes seo dibuat secara asal-asalan, Menulis dalam lomba seo dibuat seperti biasa, seperti halnya kita menulis artikel lainnya, tetapi ada beberapa hal yang harus kita lakukan, mengingat target yang kita bidik adalah mesin pencari, ada semacam sinyal yang mengarahkan secara “paksa” agar robot pencari melirik artikel yang kita tulis untuk ditempatkan pada posisi terbaik.

Bagi yang udah punya jam tebang tinggi dalam mengikuti kontes seo sudah dipastikan cukup mudah dalam melakukan triks menulis yang menarik bagi mesin pencari, tetapoi bagi yang belum pernah atau sudah pernah mencoba tetapi selalu gagal, ada baiknya memperhatikan hal-hal berikut ini agar konten yang kita ikutkan dalam lomba seo bisa terbaca dengan baik oleh mesin pencari google :

1. Buatlah judul artikel sesuai dengan yang telah ditetapkan oleh panitia, apabila panitia mengatakan bahwa lomba ini mengabil tema bla..bla..bla maka perhatikan point penilaiannya karena ini sangat penting, apakah point penilainnya sama dengan kata kunci tema ? jika iya buatlah judul artikel dengan kata kunci yang sama dengan tema. Misalnya tema lomba seo adalah ” Smartphone A Sarana tepat untuk anak muda” kemudian pada point penilaian tertulis ” penilaian berdadarkan peringkat di google.co.id dengan kata kunci Smartphone A Sarana tepat untuk anak muda” maka buatlah judul artikel sesuai dengan kata kuncinya.

2. Jika Panitia menetapkan tema yang berbeda dengan kata kunci, maka buatlah judul yang sama dengan kata kunci, dengan catatan panitia memberikan kebebasan dalam menentukan judul artikel dengan tema yang ditetapkan, misalnya panitia menetapkan tema lomba Smartphone A Sarana tepat untuk anak muda dan peserta boleh membuat judul bebas asal sesuai dengan tema, kemudian pada point penilaian panitia menggunakan kata kunci berbeda dengan tema misalnya ” Smartphone A Sarana Terbaik” maka buatlah judul; artikel yang sama dengan kata kunci yaitu ” Smartphone A Sarana Terbaik”

3. Letakkan Judul artikel yang juga kata kunci lomba pada awal paragraf pertama, ini adalah deskripsi pencarian yang akan menarik “paksa” googlebot untuk membaca kata kunci utama dalam artikel, beri tanda tebal dan masukkan link artikel yang kita buat (perhatikan contoh pada awal tulisan paragraf dalam artikel ini)

4. Buatlah masing-masing paragraf minimal 100 karakter, pada paragraf pertama masukkan kata kunci yang berbeda tetapi punya arti yang sama dengan judul artikel maksimal dua kata kunci yang berbeda, beri tanda penguat misalnya garis bawah, miring, atau tebal, lakukan hal yang sama dengan paragraf berikutnya.

5.Sebelum kita menulis paragraf ke tiga, masukkan tulis kembali judl artikel yang juga kata kunci lomba, beri tanda tebal letakkan pada posisi tengah kemudian tandai sebagai QUOTE, langkah ini mrip dengan seperti kita memberikan tanda sub heading dalam artikel (untuk penjelasan tentang masalah ini akan dibahas kesempatan berikutnya)

6. Setiap kontes seo, panitia mewajibkan kita untuk memasukkan link web mereka dengan anchor text khusus, perhatikan aturan ini, jika panitia tidak memberikan penjelasan apakah link wajib dofollow, amaka pastikan kita juga memberikan link terssebut secara NOFOLLOW, hal ini untuk mencegah googlebot kabur sebelum melakukan deteksi artikel, jika panitia mewajibkan link DOFOLLOW, letakkan link tersebut satu persatu pada setiap pargraf.

7. Pastikan memberi tanda ALT pada gambar dengan kata kunci yang kita bidik, untuk jelasnya silahkan baca Cara Optimasi Gambar Pada Postingan Blog

8. Jika panitia menetapkan minimal artikel 450 karakter, buatlah lebih dari 450 karakter, dan ingatlah jangan memakai kata-kata yang sifatnya aneh dimata googlebot sepeti, yeay,, gue, melipir, dan lainya yang umumnya bersifat gaul atau apalah, tetapi tulislah dengan kata formal, dan pastikan tidak ada kata yang disingkat.

9. Pada paragraf terakhir, masukkan kembali kata kunci yang juga judul artikel pada akhir postingan, perhatikan contohnya pada akhir artikel ini.

10. Lakukan ping pada artikel yang telah kita buat

Dari pemaparan diatas tentu kita bertanya-tanya, apakah hanya itu saja? tentu saja tidak, tetapi ini adalah faktor terpenting dan paling utama sebelum langkah selanjutnya yaitu optimasi artikel, (akan kita bahas pada sesi berikutnya) kita tidak perlu terlalu wah dan berlebihan dalam menulis di lomba seo, karena sehebat apapun gaya kita menulis jika optimasi artikel yang kita lakukan rendah jangan harap akan masuk halaman satu, dan ingatlah dalam kontes seo TIDAK ADA YANG PATUT DITAKUTI karena sumua peserta sama, karena seorang penulis yang HEBAT pun akan mampu kita kalahkan dengan MUDAH jika kita memahami dengan baik dalam melakukan optimalisasi artikel yang kita buat walaupun isinya cuma dianggap SAMPAH, selamat mencoba Tekhnik Menulis Dalam Mengikuti Kontes Seo

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY