Testimonial Pemenang Award Guru Blogger 2016

0
748

purnomo wahyudi sman 1 bojonegoroJuara I : Purnomo Wahyudi (Guru SMAN 1 Bojonegoro)
Relawan TIK Bojonegoro selaku pelopor terbentuknya Komunitas Guru Blogger Bojonegoro mengadakan ajang kompetisi menulis Blog untuk Guru, perlu disambut dengan baik. Dengan ajang kompetisi ini, mendorong para Guru Blogger Bojonegoro lebih bersemangat menulis dan dapat melahirkan karya tulisan yang Kreatif dan Inovatif, tentunya karya tulisan ini bisa memberikan manfaat sebagai sumber informasi dan inspirasi bagi pembacanya.

Pelatihan “Jadi Guru Produktif Dengan Nge-Blog” untuk seluruh Guru di Kabupaten Bojonegoro yang telah dilaksanakan pada bulan maret 2016 yang lalu. Relawan TIK Bojonegoro berkerjasama dengan Pemkab Bojonegoro, Exxon Mobil bertempat di Pusat Beajar Guru (PBG) Bojonegoro, menjadi momen penting terbentuknya Komunitas Guru Blogger Bojonegoro.

Kehadiran Komunitas Guru Blogger Bojonegoro ini diharapkan tidak hanya sebatas sebagai wadah dan media penampung tulisan semata, tetapi juga mampu menjalankan peran dan fungsinya sebagai sumber informasi dan inspirasi bagi pembaca.

Saya senang sekali diundang dan menjadi salah satu anggota dari Komunitas Guru Blogger Bojonegoro ini. Dengan “Jadi Guru Produktif Dengan Nge-Blog” menjadikan sesuatu yang merupakan nilai tambah bagi kita semua, sebab Guru Blogger Bojonegoro mampu menciptakan karya tulisan yang dapat memberikan informasi dan inspirasi bagi para pembaca, dan tentunya melalui karya tulisan ini. Guru Bogger Bojonegoro juga dapat mempromosikan kegiatan sekolah maupun materi yang sedang di ampu oleh para Guru.

Saya menyambut gembira atas terbentuknya Komunitas ini. Semoga Komunitas ini bisa terus eksis dalam menjalankan peran dan fungsinya dalam menmbus tapal batas kemanusiawian di tengah dinamika peradaban yang makin rumit dan kompleks.

Semoga keberadaan Guru Blogger Bojonegoro memberikan dampak positif bagi perkembangan dan kemajuan Kabupaten Bojonegoro pada umumya dan khususnya dapat memberikan nilai lebih dan bisa mengangkat nama “GURU” di Kabupaten Bojonegoro Untuk Indonesia.

Ucapan terima kasih untuk Relawan TIK Bojonegoro yang sudah memberikan pelatihan dan motivasi untuk Komunitas Guru Blogger Bojonegoro yang menjadikan para Guru bisa lebih bersemangat dalam menulis. Salam Blogger!!! (http://coretan-yudi.blogspot.co.id)

zaenal ihksan sman 1 bojonegoroJuara II : Zaenal Ikhsan (Guru SMAN 1 Bojonegoro)
Hari Sabtu – Minggu tanggal 19-20 Maret 2016 ada kegiatan yang sangat bermanfaat sekali bagi saya khususnya. Pada hari dan tanggal tersebut saya hadir untuk mengikuti pelatihan pembuatan blog untuk guru yang diselenggarakan oleh Relawan TIK Bojonegoro bekerjasama dengan Pemkab Bojonegoro, Diknas Bojonegoro serta Exxon Mobil Cepu Limited.

Sedangkan dalam pelatihan tersebut bertema “Jadi Guru Produktif Dengan Nge-Blog“. Memang kebetulan saya sendiri sudah pernah membuat blog akan tetapi saya masih kurang semangat untuk menulis di blog  dan blog saya sendiri masih belum banyak yang mengunjunginya.

Pada awalnya tidak mudah membiasakan diri untuk menulis di blog tetapi secara perlahan-perlahan dan mulai mencoba menuangkan tulisan ternyata dengan mudah saya mengisi halaman demi halaman di blog saya ini, karena dengan belajar segala sesuatu akan terasa mudah untuk dilaksanakan secara bertahap walaupun jauh dari kata sempurna.

Jujur yang membuat semangat saya untuk mengikuti pelatihan blog ini adalah rasa penasaran untuk ingin tahu sejauh mana tentang rahasia blog itu sendiri. Dan alhamdulillah saya banyak mendapatkan ilmu tentang rahasia Blog. Ternyata belajar menulis di blog itu sangat asyik apalagi jika blog kita banyak dikunjungi orang.

Setelah adanya pelatihan blog itu membuat saya semakin semangat untuk menulis atau berkarya melalui blog padahal sebelumnya saya malas sekali untuk menulis. Blog yang saya buat kebetulan berisi tentang informasi di bidang pendidikan, teknologi, motivasi, info-info terbaru tentang guru serta karya – karya siswa di bidang teknologi.

Saya mengambil isi di blog informasi – informasi tersebut dengan tujuan untuk memberikan layanan secara cepat di bidang tersebut karena informasi tersebut banyak yang di cari orang sekarang ini. Dan itu membawa berkah untuk saya karena blog saya banyak dikunjungi orang untuk membaca informasi – informasi yang saya posting serta membuat saya semakin semangat untuk terus menulis di blog.

Seiring adanya pendampingan pelatihan Blog untuk guru per wilayah yang masih belum berakhir, tim Relawan TIK Bojonegoro mengadakan kegiatan lomba menulis Ajang Kompetisi Guru Blogger Bojonegoro dan Alhamdulillah blog saya terpilih menjadi juara 2. Seakan saya tidak percaya karena atas terpilihnya blog saya menjadi juara tetapi penghargaan tersebut menjadikan saya untuk terus berkarya melalui blog dan mengenalkan blog ke orang lain.

Menurut saya belajar membuat blog membuat banyak kesan yang menarik dan edukatif, karena dengan belajar membuat blog saya dapat mengeksplor tulisan-tulisan yang ingin saya publikasikan, saya dapat mengenal dunia luar yang lebih luas dengan sharing dengan teman-teman di blog.

Selain itu blog juga bermanfaat untuk menambah wawasan, karena dengan blog orang bisa mencurahkan segala sesuatu, memberikan informasi penting bahkan pelajaran-pelajaran yang bermanfaat, selain itu blog juga dapat digunakan sebagai media promosi, bisnis yang cepat. Dan yang penting para guru khususnya di guru di Bojonegoro mau menulis di blog untuk memberikan layanan pembelajaran terhadap siswanya karena bukan zamannya sekarang guru hanya mengajar dan memberikan tugas atau materi di kelas saja.

Sekarang saya berharap agar kegiatan pelatihan dan lomba menulis di blog bukan hanya sekedar di laksanakan di tingkat Kabupaten akan tetapi sampai nasional agar para guru blogger di Bojonegoro semakin semangat berkarya melalui blog dan mendapatkan pengalaman yang berbeda dengan blogger di seluruh Indonesia. Sukses Relawan TIK Bojonegoro dan teruslah bertambah guru blogger di Bojonegoro. (http://zaenalikhsan.blogspot.co.id)

nurul hidayah sd muhammadiyah bojonegoroJuara III : Nurul Hidayah (Guru SD Muhammadiyah Bojonegoro)
Dengan perkembangannya dunia Teknologi Informasi dan Komunikasi yang pesat membuat banyaknya Komunitas bermunculan dan dibentuk melalui jejaring media sosial, segala profesi mulai mengelompokkan diri sesuai latar belakangnya dan tidak ketinggalan profesi Guru ikut membentuk sebuah wadah Komunitas.

Kabupaten Bojonegoro salah satu kota yang memiliki trobosan dan kemajuan bidang TIK yang luar biasa, dengan dipelopori anak-anak muda seperti Relawan TIK Bojonegoro menjadi pemantik ikut berkobarnya semangat para Guru di Kabupaten Bojonegoro untuk mengikuti perkembangan tersebut, semangat itulah yang pada akhirnya dicetuskan sebuah Komunitas yang bernama “Guru Blogger Bojonegoro”.

Komunitas Guru Blogger Bojonegoro merupakan sebuah Komunitas yang beranggotakan seluruh Guru yang ada di Kabupaten Bojonegoro mulai jenjang TK, SD/MI, SMP/MTs sampai tingkat SMA/SMK/MA.

Untuk menjadi anggota Komunitas ini sangatlah mudah karena hanya dengan cara gabung  di jejaring media sosial dan websitenya. Bergabung dengan Komunitas ini kita akan mendapat manfaat luar biasa karena kita akan belajar bersama mengenai dunia Blogger yang mampu menunjang pembelajaran dan kompetensi pendidik kita.

Mengapa Guru di Bojonegoro harus Nge-Blog ?
Karena dengan Nge-Blog kemampuan menulis seorang Guru tersebut akan terasah. Sebelum menulis tentu kita harus membaca terlebih dahulu agar tulisan yang kita tulis di Blog memiliki kebermaknaan yang tinggi dan bukankah di Indonesia ini sedang digalakkan pendidikan berbasis budaya literisasi.

Tentu kegiatan Guru Nge-Blog ini sejalan dengan apa yang ada dalam tujuan budaya literasi yakni menumbuhkan budaya membaca dan menulis.

Selain ketrampilan menulis dengan Blog kita juga bisa menjadikan media pembelajaran di kelas menjadi bervariasi, misal dengan memberi materi yang disematkan di Blog, memberi tugas di Blog bahkan membuat kuis ulangan dengan sistem on-line yang memudahkan Guru karena nilai ulangan akan otomatis terkirim pada Guru tersebut setelah siswa mengerjakan.

Untuk itu mari para Guru di Kabupaten Bojonegoro mulai berbenah dan ikuti perkembangan ini, mengajar anak didik kita yang lahir di generasi Y. Dengan mengikuti perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi yang canggih yang sangat berbeda dengan dunia pendidikan zaman kita dahulu sebagai Generasi X. Ayo temani masa belajar mereka dan mengantarkan pada kesuksesannya. Karena pendidikan mereka hari ini akan menentukan kepemimpinan dan nasib kita di masa mendatang. (http://www.nurulhidayah.net)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY