Sejarah Minu Balen

0
488

Madrasah Ibtidaiyah Nasy’atul Ulum Balen Bojonegoro Jawa Timur merupakan salah satu lembaga tertua di daerah ini, lembaga pendidikan ini berada di bawah naungan Lembaga pendidikan Ma’arif NU. Selanjutnya dalam pengelolaan kepengurusan pendidikan dikelola oleh pengurus Yayasan Pendidikan Nasy’atul Ulum Balen Bojonegoro.

Lembaga ini didirikan sejak tahun 1955 M yang diprakarsai oleh H. Mas’udan. Pada awalnya kegiatan belajarnya dilaksanakan di sebuah surau, dan masih menggunakan sistem weton dan sorogan.

Dalam perintisan Madrasah Ibtidaiyah Nasy’atul Ulum Balen Bojonegoro Jawa Timur beliau mendapat dukungan dari tokoh masyarakat lainnya (tokoh ulama’ NU) seperti: alm. KH. Basuni, alm. H. Qomar, alm. K. Hasannadji, alm. H. Abdul Qodir dan K. Hasannuri serta tokoh masyarakat lainnya.

Jika dihitung sejak berdirinya sampai sekarang usia Madrasah Ibtidaiyah Nasy’atul Ulum Balen Bojonegoro Jawa Timur telah mencapai sekitar 55 tahun. Madrasah ini didirikan dengan berbagai dasar dan alasan sebagai berikut.

Adanya dorongan masyarakat islam, tokoh-tokoh masyarakat (ulama’ NU), dan simpatisan lainnya untuk mensyiarkan agama islam melalui pendidikan formal yaitu dengan berdirinya Madrasah Ibtidaiyah Nasy’atul Ulum Balen Bojonegoro Jawa Timur.

Berdasarkan rasa ikut bertanggung jawab terhadap usaha peningkatan sumber daya manusia yang termaktub dalam pembukaan UUD 1945 yakni mencerdaskan kehidupan bangsa, serta membangun masyarakat indonesia yang adil dan makmur yang berdasarkan keilmuan.

Sesaui dengan tujuan pendidikan nasional yang dijabarkan dalam pasal 31 UUD 1945 yaitu setiap warga negara berhak mendapatkan pendidikan dan setiap warga negara wajib mengikuti pendidikan dasar dan pemerintah wajib membiayainya.

Pada awalnya Madrasah Ibtidaiyah Nasy’atul Ulum Balen Bojonegoro Jawa Timur ini mendapat surat penetapan sebagai anggota Lembaga Ma’arif NU cabang Bojonegoro yaitu dengan nomor piagam 69/PC/LP/IV/1981, dan pada perkembangannya dinyatakan terdaftar sebagai anggota LP Ma’arif NU Wilayah Jawa Timur pada tahun 1986 dengan nomor: B-20071424.

Setelah selang beberapa tahun kemudian Madrasah Ibtidaiyah Nasy’atul Ulum Balen Bojonegoro Jawa Timur mendapat status terdaftar dari Kantor Departemen Agama Kabupaten Bojonegoro Jawa Timur setelah mengikuti jenjang akreditasi Madrasah Ibtidaiyah swasta berdasarkan SK Kandepag nomor: MM.20/05.00/PP.01.I/296/SK/93.

Setelah itu pada perkembangan berikutnya dari status terdaftar dapat ditingkatkan dari TERDAFTAR menjadi DIAKUI dengan SK nomor: MM.20/05.00/PP.03.2/49/2001. Perkembangan Madrasah Ibtidaiyah Nasy’atul Ulum dari tahun ke tahun dapat dibuktikan dalam kompetisi penilaian sebagai madrasah TERAKREDITASI pada Kantor Departemen Agama Wilayah Propinsi Jawa Timur pada tanggal 19 Januari 2006 dengan peringkat B (Baik) sesuai dengan SK nomor: B/KW.B.4/MI/2398/2006.

Sumber: Dokument Online MINU BALEN

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY