Sejarah Bojonegoro: Desa Ngemplak

0
565

Desa Ngemplak berada di Kecamatan Baureno, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur. Desa Ngemplak terbagi menjadi 2 Wilayah yaitu wilayah pemukiman penduduk dan wilayah persawahan. Yang diperkirakan wilayah pemukiman penduduk lebih luas dari wilayah persawahan.

Desa Ngemplak mempunyai 4 Dusun yaitu Dusun Ngemplak. Dusun Wire,Dusun Ndero dan Dusun Banteran. Kebanyakan penduduk Desa Ngemplak bermata pencaharian sebagai petani.

Dahulunya Desa Ngemplak merupakan hutan kayu jati yang hanya berpenduduk sedikit, Desa Ngemplak dulunya sangat lebat akan pepohonan yang membuat asri desa tersebut. Kata Ngemplak berasal dari kata Ngempal yang berasal dari bahasa jawa yang artinya Berkumpul.

Sekarang Desa Ngemplak  berpenduduk lumayan banyak sehingga yang dulunya hutan belantara sekarang menjadi pemukiman padat penduduk dan persawahan yang luas.

Desa Ngemplak dulunya tidak ada aliran listrik sehingga masih memakai lilin untuk penggantinya, orang dulu sangat takut untuk keluar malam selain hutan kayu jati yang lebat hewan buas yang berada di hutan membuat takut penduduk Desa Ngemplak. Namun hutan dan hewan liar tersebut sekarang sudah tidak bisa dijumpai.

Sekarang Desa Ngemplak sudah tidak seperti dulu, aliran listrik sekarang sudah menerangi Desa Ngemplak sehingga sekarang tidak perlu ada yang ditakuti lagi.

Hasil pertanian Desa Ngemplak berupa padi, tembakau, kacang-kacangan dan juga Jagung yang biasanya dijual di luar desa ngemplak. Karena Tanah di Desa Ngemplak sangat subur membuat pertanian di Desa Ngemplak menjadi makmur.

Narasumber : Masringah.

Tulisan: Rahadita Arinta

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY