Rahasia Agar Siswa Bisa Memberi Tanpa Dimita Belajar Tanpa Diperintah

0
750

Dilingkungan tempat mereka tinggal tentu berbeda antar satu siswa dengan siswa yang lain, kondisi ini sangat mempengaruhi perkembangan mental dan kemampuan siswa dalam menjalankan dan mengerjakan tugas yang diberikan guru.

Salah satunya adalah menjaga kebersihan dan keindahan kelas, meski sudah ada jadwal piket kebersihan namun tidak sedikit siswa yang sekedar asal-asalan dalam menjalankannya, yang penting sudah terlihat menyapu perkara bersih atau tidak itu urusan belakangan.

Yang lebih sulit lagi adalah mengkondisikan siswa untuk mau bekerja tanpa diperintah.

Untuk bisa seperti itu saya menganalisa apa yang disukai oleh anak-anak. Setelah mengumpulkan data ternyata anak-anak itu suka ngeksis dan nampang dilayar kamera ditambah lagi terkadang juga ada yang suka merekam aktifitasnya.

Nah, cara ini yang saya gunakan untuk membuat siswa bekerja tanpa disuruh, memberi tanpa diminta apa itu ?

Membuat video klip kelas, secara berkala kegiatan-kegiatan kelas direkam dengan menggunakan HP dan di edit seperlunya sehingga terbentuk sebuah video klip kegiatan kelas.

Dengan seperti ini seluruh siswa ramai-ramai ingin terlihat dishoot saat melaksanakan kegiatan pembersihan kelas, karena direkam tentu tidak akan asal-asalan dalam membersihkan kelas baik saat menyapu, menghapus papan, membersihkan kaca bahkan membuat sampah.

Walhasil saya tidak perlu mengeluarkan suara keras untuk bisa melihat siswa bersih-bersih cukup mengeluarkan gadget dan siap merekam, kegiatan seperti ini bisa dilakukan berkala sesuai kebutuhan agar siswa lebih disiplin,bisa menciptakan kebiasaan tertib dan bertanggung jawab dalam melaksanakan jadwal piket kebersihan kelas. (Yan)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY