R.M Soejitno Koesoemobroto

1
688

Letnan Satu (Anumerta) Raden Mas Soejitno Koesoemobroto, (lahir di Tuban, Jawa Timur , 4 November 1925 – meninggal di Bojonegoro, 15 Januari 1949 pada umur 23 tahun) adalah Pahlawan nasional Indonesia dari Kabupaten Bojonegoro dan seorang putra dari R.M.A.A Koesumobroto Bupati Tuban ke-37 (1927-1944), yang pada masa itu bapaknya menjadi orang nomor satu di Kabupaten Tuban.

R.M Soejitno Koesoemobroto mengeyam Pendidikan Dasar (ELS) di Tuban kemudian melanjutkan (HOS) nya di Surabaya akan tetapi belum sampai lulus kemudian menyelesaikan pendidikan setingkat SMP nya di Tuban.

Setelah itu Soejitno melanjutkan pendidikan di Syodenco (Perwira PETA) di Bogor. Karier Soejitno diawali pada Zaman Penjajahan Jepang sebagai perwira PETA (Syodenco) di Dai Ni Daidan Tuban.

Setelah Indonesia merdeka Soejitno masuk Badan Keamanan Rakyat (BKR), Tentara Keamanan Rakyat (TKR), Tentara Keselamatan Rakyat (TKR), Tentara Republik Indonesia (TRI), dan Tentara Nasional Indonesia (TNI) di Batalyon Suharto Resimen 30 Divisi V di Tuban, Lettu Soejitno sempat berpindah ke Batalyon 16 Brigade Ronggolawe dengan Pangkat Letnan Satu dengan jabatan sebagai Perwira Operasi, tepatnya pada awal tahun 1948.

Dan ketika kles II tahun 1949 Lettu Soejitno menjadi komandan perlawanan dan pertempuran di Palagan Temayang. pada masa peperangan tepatnya tanggal 15 Januari 1949, Lettu Soejitno Gugur dalam pertempuran melawan Belanda.

Pada tanggal 15 Januari 1949 terjadi pertempuran yang dahsyat dan Lettu Soejitno sebagai komando perlawanan dalam pertempuran di Palagan Temayang, dalam pertempuran tersebut ia Gugur sebagai kusuma bangsa Di Desa Mulyoagung. Kecamatan Balen, Kabupaten Bojonegoro.

1 KOMENTAR

  1. min mau tanya , adakah sumber yg benar benar menjelaskan detail tentang gugurnya letu suyitno di ds. mulyoagung kec. balen kab. bojonegoro. pasalnya saya warga asli daerah tersebut dan saya sendang menjadikan nya objek penelitian , namun dari arsip sejarah desa dan sesepuh kampung tidak mengetahui hal tersebut

LEAVE A REPLY