Perangi Cyber Crime, Polres Bojonegoro Ikut Kampanyekan Internet Sehat

0
895
Aiptu Dasmono,S.H , Perwakilan Polres Bojonegoro tengah menjelaskan materi Tentang Bahaya Cyber Crime

Bojonegoro – Sesi terakhir, sekaligus penutupan program Sosialisasi Internet Sehat diadakan di SMAN 1 Bojonegoro. Sebanyak tujuh puluh lima peserta, terdiri dari perwakilan kelas X dan kelas XI serta pengurus OSIS di sekolah menengah atas favorit di Bojonegoro tersebut hadir dan antusias.

Sosialisasi dibuka oleh PLH kepala sekolah setempat,Drs. Bambang Dananto, M.Pd. Dalam sambutannya, Pak Bambang, sapaan akrab Drs.Bambang Dananto, M.Pd. mengapresiasi sosialisasi yang di prakarsai oleh Relawan TIK Bojonegoro.

“Atas nama sekolah kami mengucapkan terima kasih kepada pihak-pihak yang telah mendukung terlaksananya acara ini”, kata PLH kepala sekolah, Drs. Bambang Dananto,M.Pd., memberi sambutan.

Menariknya, berbeda dari sosialisasi sebelumnya, pada sesi ke-tujuh ini, materi tak hanya disampaikan oleh blogger Nova Wijaya. Hadir pula perwakilan Kasatreskrim Polres Bojonegoro memberikan materi.

Perwakilan Kasatreskrim Polres Bojonegoro, Aiptu Dasmono,S.H., menekankan materi sosialisasi pada bahaya cyber crime. Sedangkan, pemateri sesi kedua, Nova Wijaya, memberi materi tentang berperilaku aman di dunia online.

Aiptu Dasmono,S.H menjelaskan, masyarakat Bojonegoro rawan akan pencemaran nama baik dan penipuan online. Diakhir materi, perwakilan Kasatreskrim Polres Bojonegoro yang menangani kasus kriminal ini memberikan tips dan trik menghindari bahaya cyber crime.

“Dari kasus yang saya tangani, rating tertinggi kasus cyber crime yang paling sering terjadi di Bojonegoro adalah pencemaran nama baik dan penipuan online”, kata Aiptu Dasmono, S.H.

Siswa siswi SMAN 1 Bojonegoro tampak antuasias dan semangat mendengarkan penjelasan dari sang pemateri. Hal ini tergambar dari raut wajah yang semangat dan banyaknya pertanyaan yang diajukan kepada narasumber terkait dengan materi yang disampaikan.
‌”Jika seseorang meretas website teroris, apakah termasuk pelanggaran?, tanya salah satu siswa kelas XI-8 SMAN 1 Bojonegoro, Hatta.

Turut hadir pula sponsor partner sosialisasi internet sehat memeriahkan sosialisasi. Antara lain, Perwakilan ExxonMobile Cepu Limited, Beta Wicaksono dan Wulan Purnamawati, serta Kepala Dinas Pendidikan Bojonegoro, Drs. Hanafi, M.M.

Diakhir acara, pak Hanafi, sapaan akrab Drs. Hanafi., M.M, menutup rangkaian program sosialisasi internet sehat. Pak Hanafi berharap remaja SMAN Bojonegoro lebih bijak  menggunakan internet dengan hal-hal positif.

” Saya berharap kepada adik-adik, gunakanlah internet dengan positif dan sehat”, harap pak Hanafi.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY