Motivasi atau Minat dalam Pembelajaran

Motivasi

0
243

Motivasi atau minat dalam pembelajaran sangatlah diperlukan karena memiliki pengaruh yang besar terhadap semangat siswa dalam belajar. Motivasi harus ada dalam siswa dikarenakan motivasi yang tinggi membuat siswa bersemangat dan aktif dalam pembelajaran, sedangkan motivasi yang rendah pada umumnya membuat siswa kurang fokus bahkan mengabaikan dalam belajra pembelajaran. Tinggi rendahnya motivasi siswa terhadap pelajaran khusunya pelajaran sejarah berawal dari faktor eksternal dan internal siswa tersebut. Secara bahasa minat atau motivasi dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (1990: 583) berarti “kecenderungan hati yang tinggi terhadap sesuatu”. Sedangkan menurut Syah (2009: 151) menyatakan bahwa minat berarti kecenderungan dan kegairahan yang tinggi atau keinginan yang besar terhadap sesuatu.
1. Macam-macam Motivasi
Motivasi memiliki berberapa jenis dan macamnya, motivasi dalam belajar menurut Sani (2013:49) dalam bukunya inovasi pembelajaran mengkatagorikan menjadi dua jenis motivasi belajar, yaitu :
a. Motivasi Ekstrinsik, yakni motivasi melakukan sesuatu karena pengaruh eksternal. Motivasi ekstrinsik muncul akibat insentif eksternal atau pengaruh dari luar peserta didik, misalnya: tuntan, imbalan, dan hukuman.
b. Motivasi Intrinsik, yakni motivasi internal dari dalam diri untuk melakukan sesuatu, misalnya peserta didik mempelajarai mata pelajaran karena dia menyenangi pelajaran tersebut.
Motivasi sangatlah penting dari eksternal ataupun internal siswa yang saling melengkapi untuk membuat siswa merasa senang dan termotivasi untuk belajar.
2. Fungsi Motivasi
Motivasi merupakan hal yang penting dalam diri siswa, dari eksternal ataupun internal siswa. Fungsi motivasi menurut Nasution (2012:76) mengakatakan :
a. Mendorong manusia untuk berbuat, jadi membuat seseorang untuk melakukan pergerakan.
b. Menentukan arah perbuatan, yaitu merencanakan kearah tujuan yang hendak dicapai.
c. Menyeleksi perbuatan, yaitu perbuatan dan langkah apa yang akan diambil untuk mencapai tujuan tersebut.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY