Majulah Guru TIK Di Bojonegoro

1
545
Nur Aslih, Tenaga Kependidikan di MTs. Bahrul Ulum Bulu dan salah satu simpatisan di Guru Blogger Bojonegoro

Oleh : Nur Aslih

Gaya mengajar seorang tenaga pendidik atau guru di Kabupaten Bojonegoro haruslah terus berkembang mengikuti perkembangan zaman yang semakin maju tanpa harus melupakan standart kompetensi yang mesti diraih oleh peserta didik yakni Standart Kompetensi Kelulusan yang didasarkan pada Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 23 Tahun 2006.

Seorang Guru di zaman modern ini dituntut untuk terus meng up grade pengetahuan dan kemampuan skillnya. Terlebih Guru bidang studi Teknologi Informasi Dan KomunikasiĀ  baik mereka yang bertugas di sekolah negeri maupun mereka yang bertugas di sekolah swasta. Bahwa dimanapun mereka bertugas seorang guru harus mampu mentransformasikan pengetahuan dan keilmuan melalui Pembelajaran secara Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan atau disingkat dengan PAKEM.

Kalau kita cermati, Teknologi Informasi dan Komunikasi atau yang biasa disingkat dengan sebutan TIK telah mengalami loncatan yang cukup signifikan dari hitungan tahun ketahun, bulan ke bulan, bahkan dari hari ke hari bidang TIK ini seakan mengalami perkembangan menuju kesempurnaan. Walau sejatinya kesempurnaan teknologi adalah kesempurnaan yang semu karena secara perlahan dan pasti juga akan tergerus inovasi teknologi paling mutaakhir juga.

Kemudahan orang berinteraksi melalui Smartphone berbasis Android, memang jarang atau bahkan hampir tidak pernah ditemui di tahun 90 an sampai tahun 2000 an. Pada tahun tersebut sebagian orang mungkin masih atau hanya mengenal semisal chat berbasis pop up antar dua komputer melalui kabel LAN, kemudian berkembang mulai mengenal pager dan handphone monophonik bagi sebagian orang yang masuk kategori mampu untuk membelinya.

Dan kemajuan TIK tersebut menjadi supercepat sekitar satu dekade terakhir, tak dipungkiri hadirnya Internet yang melahirkan handphone-handphone dengan skala smart atau biasa disebut smartphone, maupun aplikasi berbasis teknologi jaringan semisal Android, 3G sampai 4G sekarang ini mampu merubah dunia dengan kecepatan hampir 300Mbps (LTE Cat 9).

Dan bahkan berita terbaru dari penerawangan teknologi Jaringan perubahan 4G ke 5G yang diproyeksikan pada tahun 2018 mendatang akan mampu berlari lebih kencang lagi yakni mencapai kecepatan 20 Gbps (klaim dari International Telecommunication Union). Yang sehingga akan mampu merevolusi warna dunia dari sisi prilaku peserta didik maupun manusia dan lingkungannya dalam berinternet keseharian sesuai dampak yang ditimbulkannya dari pelakunya itu sendiri.

Oleh karenanya seorang guru bidang IT harus benar-benar meng up grade keilmuan dan pengetahuan. Utamanya dalam pemanfaatan teknologi secara positif dan mencerdaskan karena sudah selayaknya sebuah kemajuan teknologi dibuat pasti memiliki dua sisi selayaknya dua sisi mata uang yang saling hadapan dan beriringan yakni manfaat baik dan manfaat buruk.

Seorang guru TIK harus mampu menjadi pioner dalam mengkampanyekan pemanfaatan teknologi Informasi dan Komunikasi secara positif dan tepat guna, baik terhadap sesama guru dalam penerapan metode dan pembelajaran maupun terhadap peserta didik yang merupakan manusia modern yang genius. Selain itu seorang guru TIK mesti mau membuka diri untuk mencari pengetahuan dan berbagi inspirasi melalui media sosial semisal Facebook, Twitter, Blog dan atau media-media yang lain.

Sangat miris memang ketika perkembangan teknologi tidak diimbangi dengan sikap mentalĀ  yang kuat dari peserta didik, ketika kemajuan Teknologi Informasi dan Komunikasi tidak dengan pemahaman kemanfaatan yang benar. Maka tidak dapat dipungkiri sebuah kemajuaan TIK akan semakin menggunung laksana gunung es yang siap mencair secara cepat tanpa terasa bahwa kita telah berada di tengah-tengah lautan samudra.

Oleh karena itu marilah kita bangkit, seorang guru TIK adalah bukan sekedar pengajar materi tapi seorang palang pintu terdepan bersama guru-guru mata pelajaran yang lain untuk bersama-sama mendampingi peserta didik untuk meraih apa yang telah didasarkan Permendiknas tentang Standar Kompetensi Kelulusan diatas, dengan terus mengimbangi atau mengupgrade pengetahuan terhadap kemajuan teknologi yang semakin canggih melaluiĀ  pendalaman literasi baik melalui Buku Bacaan maupun melalui pemanfaatan Internet secara Sehat.

Maju terus guru TIK, Guru TIK Bojonegoro Matoh.

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY