Lintangwati

0
465

suratPagi itu saat dapat kebagian mengantarkan surat kelulusan siswa ke masing-masing rumah mereka. Saya dapat 15 siswa di Kecamatan Turi untuk dikunjungi. Seperti tahun sebelumnya, kebijakan ini dilakukan agar tidak ada kosentrasi kelulusan di sekolah yang mengakibatkan konvoi dan jalan macet. Walaupun seluruh siswa lulus. Ini adalah kebijakan Dinas Pendidikan..
Kecamatan Turi sangat luas, sehingga saya bikin di 3 titik lokasi rumah, dan seperti panduan dari Staf TU “Kamu calling dulu, mintalah disediakan jajanan & kopi dari siswa” ini yang saya sesali tidak saya lakukan. Di Desa, jadi guru sangatlah berwibawa, seperti kata mereka “Orang yang bersepatu” atau kata-kata “Kapan lagi punya menantu bersepatu..” -disamping guru, surveyor juga disegani lho..

Sialnya saya mengalami salah jalan kurang lebih 5 km, ditambah jalan berbatu.. ini gara-gara koordinat dari Google Earth salah letak 3,5 cm di monitor yang mengakibatkan salah 3,5 km dikenyataan. Baru kali ini sistem informasi telah menipu saya dengan telak..!!

Saat mengunjungi titik terakhir di pusat kecamatan Turi saya berpapasan dengan siswa dengan berteriak “Pak Ayok..!!”. Saya tegang..!! bukan karena dia siswi berwajah cantik, namun karena titik ini adalah sejauh 12 km dari sekolah kami dan dia menaiki sepeda pancal..!!
Saya pakai sepeda motor saja sudah geger boyoken..

Ini gila.., sambil membayangkan perjalanan yang saya tempuh barusan dengan menaiki sepeda pancal mini. wow…!! Dia salah satu murid yang saya perhatikan dikelas karena cerewet, kebetulan kami dikelas sering komunikasi tentang script film yang dia bikin.
Sehabis dari memberikan surat kelulusan, saya buru-buru balik ke sekolah dan langsung mencari siswa saya tersebut. Saking penasarannya saya tanyai dia habis-habisan..
Saya : “Hoey, rumah kamu tuh dimana..?, apa disekitar tempat tadi berpapasan?”
Murid : “Tidak pak, dari situ kira-kira masih 5 km, dekat perbatasan sungai”
Saya : “Tiap hari pulang-pergi?”
Murid : “Iya pak”
Saya : “Koq gak nge-kost saja..?”
Murid : “Gak, sudah terbiasa pak sejak SMP”
Saya : “Dari rumah naik sepeda trus..?”
Murid : “Sepeda saya titipkan di Sukoanyar , kemudian naik colt atau bus, kemuadian jalan kaki”
Saya : “Berapa jam dari sini ke rumah?”
Murid : “Kalo pulang jam 4 sore kayak ujian gini ya sampe rumah Isya’ (Jam 7)”
Saya : “Hah.. 3 Jam..? Lamongan – Malang, Luar biasa….!!, semoga besok jadi orang sukses.., jangan lupa terus berdoa waktu di perjalanan”
Murid : “Amien…”

Lamongan – Malang > perjalanan saya kuliah dulu, seminggu sekali.
Berikut peta perjalanan dari Google Earth yg error 3,5 cm.

map

  • artikel merupakan reposting catatan/notes di facebook saya : http://fb.me/kurniayahya tanggal 15 Juli 2009
  • google earth tahun 2009 masih banyak yang belum presisi penamaan desa
  • Lintangwati = Nama anak Lintang di film Laskar Pelangi versi cewek

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY