Jaga Blogmu, Jangan Jadi Korban Clonning Masal

1
431

Sedih, melihat beberapa teman blogger yang terlalu fokus menulis artikel bermanfaat dengan cerih payah sendiri namun tiba – tiba muncul blog yang menduplikat artikelnya 100% tanpa editing, bahkan tak jarang malah blog yang original kalah di SERP.

Bukan hal yang mengherankan ya, sebab kebanyakan tukang cloning itu sudah belajar banyak tentang optimasi seo, sedangkan kita? yang hanya fokus nulis saja tidak memahami itu.

Tanpa panjang lebar, disini saya hanya ingin membagikan tips yang seringkali di anggap enteng oleh para blogger pemula yang hanya fokus mikir konten seperti . Bug, iya benar… ini bisa dikatakan sebagai bug! secara default blogger tidak mengatur ini ke kondisi aman, berikut saya jelaskan :

RSS Blogspot (Bug export import blogspot)

Blog kamu bisa dengan mudah di duplikat orang tak bertanggung jawab jika kamu membiarkan pengaturan RSS ini. Contoh kasusnya sudah banyak, kalian mungkin sering melihatnya di grup ini, kalian mungkin memahami, tapi mengabaikan?RSS blogspot ini sebenarnya bisa di export untuk kemudian di import ulang di blog baru, ya… seluruh artikel kamu bisa di curi orang lain tanpa harus bersusah payah. Bagaimana saya tau? karena saya pernah melakukannya… saya pernah meng-cloning blog orang!

Caranya? maaf tidak akan saya ajarkan disini, karena pasti akan memunculkan saya saya saya dan saya yang lain. Kalau anda ingin belajar, gunakan sedikit resource di otak anda untuk mencari tau. Namun saya disini hanya ingin berbagi tips kepada teman – teman blogger agar tidak menjadi korban cloning blog, caranya sangatlah sederhana :

  1. Login ke blogger.com
  2. Buka blog kamu
  3. Masuk ke menu Setting
  4. Pilih menu lainnya
  5. Pada bagian Umpan Situs secara default adalah “Penuh”
  6. Rubah itu menjadi “Singkat” atau lainnya asal jangan biarkan itu tetap dalam mode “Penuh”

Nah, dengan begitu insyaalloh konten artikel blog kamu akan aman dari tukang cloning. Tapi, apakah benar – benar sudah aman?

Seperti apapun kita mengamankan sebuah sistem, tidak ada yang bisa menjamin itu 100% aman. Cara di atas hanya untuk mengamankan RSS kamu supaya tidak di export orang, nah kalau di copas gimana? Lagi – lagi, gunakan sedikit resource dalam otakmu untuk berpikir dan mencari tau.

Anda bisa menemukan banyak blog yang membahas tentang cara block klik kanan, block ctr+u, block ctrl+c, sll. Memang tidak sepenuhnya membuat blog anda bebas copas, namun setidaknya memperlambat aksi mereka.

Percayalah, tukang copas / tukang cloning blog itu adalah PEMALAS!

Mereka tidak akan mau bekerja keras, mereka tidak akan mau berfikir panjang. Jadi, sebagai blogger yang baik, kamu berhak mengamankan blog kamu dari tangan – tangan jahil tidak bertanggung jawab.

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY