“I Found My Soulmate” Untuk Memahami Teks Narrative

0
558

“I Found My Soulmate” Untuk Memahami Teks Narrative

Keberhasilan kegiatan pembelajaran di kelas tidak terlepas dari peran dan tugas siswa untuk terlibat aktif dalam proses kegiatan pembelajaran. Kegiatan pembelajaran dikatakan berhasil untuk mencapai tujuan pembelajaran ketika siswa memiliki motivasi dan minat yang terbangun kuat untuk belajar, mampu membangun semangat belajar dalam dirinya  , melakukan daya dan upaya yang kuat untuk terlibat secara aktif dalam pembelajaran, mampu menguasai materi pelajaran yang diajarkan  serta mampu memperoleh hasil pencapaian prestasi yang diharapkan dan ditetapkan .

Keadaan ini menjadi tantangan bagi seorang guru ketika siswa yang terlibat dalam pembelajaran  di kelas  mempunyai masalah dalam pembelajaran.  Untuk mencapai keberhasilan proses kegiatan pembelajaran Bahasa Inggris di kelas , guru harus  memiliki kesiapan dan kemampuan yang baik dalam mengajar . Diantaranya adalah bagaimana guru harus memiliki kesiapan mengajar dengan baik,bagaimana cara seorang  guru dalam melaksanakan kegiatan  pembelajaran  , bagaimana guru mampu memilih dan menggunakan strategi, media, model  dan  metode yang tepat agar dapat mencapai keberhasilan dan tujuan pembelajaran yang  diharapkan dan bagaimana guru harus bisa menciptakan suasana  proses pembelajaran yang  benar- benar aktif, kreatif, inovatif dan menyenangkan.

Kegiatan pembelajaran Bahasa Inggris di SMP Negeri Model Terpadu Bojonegoro secara umum tidak mengalami kendala yang berarti dalam pembelajaran. Hanya saja siswa sangat antusias dan tertarik dengan berbagai strategi, model dan metode yang digunakan guru dalam mengajar. Mereka sangat menyenangi pembelajaran yang aktif, kreatif, inovatif dan menyenangkan. Inilah tantangan guru untuk selalu melakukan inovasi dalam pembelajaran agar siswa semakin terlibat aktif dalam pembelajaran dan pembelajaran menjadi pembelajaran yang menyenangkan.

Untuk merancang dan menciptakan sebuah pembelajaran inovatif, sebagai seorang guru , saya mencoba merancang, menciptakan dan menerapkan sebuah metode pembelajaran inovatif yang bernama “ I Found My Soulmate “ yang menggabungkan beberapa model dan metode pembelajaran yaitu yang kemudian di ramu menjadi sebuah metode pembelajaran  inovatif untuk mengajarkan pemahaman isi teks narrative . Model dan metode pembelajaran yang di inovasikan menjadi metode pembelajaran “ I Found My Soulmate “ adalah , Cooperative Integratedreading and Composition (CICRC), Role Play, Cooperating Learning dan diskusi.

Penerapan metode ” I Found My Soulmate” ini dilakukan secara berpasangan. Guru meminta siswa bekerjasama dengan temannya sebagai pasangannya untuk memecahkan masalah dan melakukan kegiatan dengan diskusi.

Langkah – Langkah penerapan Metode ” I Found My Soulmate” dalam pembelajaran adalah sebagai berikut :

1. Guru menjelaskan tujuan pembelajaran dan membagikan potongan-potongan  teks narrative dengan cerita yang berbeda

dsc01739

g

2. Guru meminta siswa untuk mencari pasangan dengan cara membacakan isi cerita yang         terdapat pada potongan teks secara cepat kepada teman lain yang mempunyai bagian           cerita dari potongan teks narrative yang sama dan sesuai dengan yang dimiliki siswa.

h

dsc01772

3. Jika siswa telah menemukan pasangannya yang memiliki bagian dari potongan teks              narrative yang sama dan sesuai, maka mereka  membentuk kelompok pasangan untuk        bekerjasama melakukan dan menyelesaikan tugas dan  kegiatan yang diberikan guru            selanjutnya.
f

4. Siswa bersama pasangannya mendiskusikan potongan isi cerita yang terdapat  dalam teks

dsc01793

dsc01816

5. Siswa bekerjasama dengan pasangannya menyusun sebuah teks narrative             berdasarkan informasi dari potongan cerita teks narrative yang telah diperoleh dan kemudian menuliskan  kembali isi cerita dengan  bahasanya sendiri.

dsc01808

dsc01821

6. Siswa mempresentasikan hasil karangannya.

Hubungan antara guru dan siswa sangat menentukan keberhasilan belajar. Karena itu dalam proses belajar mengajar, guru harus memiliki kemampuan untuk mengelola kelas dengan baik, bertindak sebagai motivator dan fasilitator, mengorganisasikan bahan pengajaran, memiliki ide-ide baru, menggunakan cara, metode, teknik,latihan yang sesuai, menarik ,inovatif, dan mengoptimalkan siswa untuk terlibat dan berpartisipasi aktif dalam pembelajaran sehingga siswa dapat belajar secara bermakna dan dapat mengalami dan merasakan keterbukaan belajar.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY