Historiabook Media Pembelajaran Sejarah Berbasis Internet/Online

0
570

2

Media pembelajaran merupakan hal yang sangat dibutuhkan dalam proses belajar dan pembelajaran sebagai sarana perantara. Media pembelajaran yang sesungguhnya adalah diri pendidik itu sendiri, karena tanpa pendidik mampu memposisikan diri menjadi media bahkan sumber belajar proses belajar dan pembelajaran tidaklah menarik. Pernyataan tersebut bukan berarti pendidik tidak membutuhkan media pembelajaran di luar dirinya, media pembelajaran tetap dibutuhkan untuk memberikan inovasi, motivasi dan memudahkan pemahaman siswa dalam proses belajar dan pembelajaran. Menurut Musfiqon (2012: 28) mendefinisikan media pembelajaran dari sudut pandang ruang lingkup dan fungsinya “Media pembelajaran merupakan alat bantu yang berfungsi untuk menjelaskan sebagaian dari kesulurahan program pembelajaran yang sulit dijelaskan secara verbal”. Sementara Djamarah dan Aswan (2006: 121) berpendapat hakikat media pembelajaran merupakan alat bantu apa saja yang dapat dijadikan sebagai penyalur pesan guna mencapai tujuan pembelajaran.

Media pembelajaran dari pendapat para ahli adalah segala sesuatu yang dapat digunakan dalam proses belajar dan pembelajaran yang bertujuan menarik minat, perhatian dan perasaan siswa untuk belajar. Posisi media pembelajaran ini sangat penting bila ada hal yang tidak bisa dijelaskan secara verbal, dengan media diharapkan memahami secara konkret.

WWW.HISTORIABOOK.COM

Historia book merupakan website pembelajaran online yang dibangun dengan script PHP dari CMS Jcow. PHP merupakan singkatan dari “Hypertext Prepocessor” yaitu merupakan bahasa pemograman yang digunakan untuk membuat situs web dan dapat dijalankan bersamaan dengan HTML (Hyper Text Markup Language). Historia book dikembangkan sebagai tempat belajar dan forum diskusi yang ditujukan untuk Program Studi Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY