Hakikat Sebuah Sumber Belajar

0
439

dana-perpustakaan-dpr-bisa-bikin-1000-perpus-di-pelosok-negeriDalam proses belajar dan pembelajaran, sumber belajar sangatlah dipentingkan. Sumber belajar adalah segala sesuatu yang dapat dimanfaatkan oleh peserta didik untuk mempelajari bahan dan pengalaman belajar sesuai dengan tujuan yang hendak dicapai (Sanjaya, 2006: 172).  Menurut Rohani (1997: 102) sumber belajar (learning resources) “ sumber belajar adalah segala macam sumber yang ada di luar diri seseorang (peserta didik) dan yang memungkinkan (memudahkan) terjadinya proses belajar”.

Sumber belajar adalah sebuah daya yang bisa dimanfaatkan guna kepentingan proses belajar mengajar, baik secara langsung maupun secara tidak langsung,sebagian atau secara keseluruhan (Sudjana dan Rivai, 2009: 76). Pada dasarnya sumber belajar secara umum adalah segala sesuatu yang disekitar speserta didik sebagai sarana belajar dengan tujuan tercapainya tujuan pembelajaran. Sumber belajar sangatlah penting keberadaannya untuk pedoman peserta didik dalam mencari materi dan memecahkan masalah. Peran dari sumber belajar dalam kegiatan belajar dan pembelajaran menurut Musfiqon (2012: 128) sumber belajar merupakan kebutuhan penting yang bisa menjadi sumber belajar, sumber alat, sumber peraga, serta kebutuhan lain yang diperlukan dalam pembelajaran.

 Macam-Macam Sumber Belajar

Sumber belajar bukan berbentuk satu jenis saja, tetapi didalam sumber belajar memiliki macam-macam bentuk. Sumber belajar dapat diklasifikasikan berdasarkan wujudnya antara lain, Sumber belajar tercetak, Sumber belajar noncetak, Sumber belajar yang berbentuk fasilitas, Sumber belajar yang berupa kegiatan, Sumber belajar berupa lingkungan di masyarakat (Sudjana dan rivai, 2009: 80).

Menurut Soeharto (2003) dalam Musfiqon (2012: 131) “sumber belajar dapat dibedakan menjadi dua, yaitu sumber belajar yang dirancang (by designed) dan sumber belajar yang tinggal dipakai atau jadi (by utilization)”. Sumber belajar yang dirancang atau by designed merupakan sumber belajar yang dikembangkan dan diproduksi untuk pembelajaran, sedangkan sumber belajar by ulilization merupakan sumber belajar yang sudah ada dan dimanfaatkan untuk pembelajaran. Sumber belajar ini dibedakan berdasarkan tujuan pembuatannya. Sedangkan sumber belajar berdasarkan cara memperoleh informasinya dapat dibedakan menjadi jenis visual, audio dan audiovisual (Sitepu, 2014: 64).

Fungsi Sumber Belajar

Fungsi sumber belajar secara garis besar merupakan sebuah benda apapun yang digunakan peserta didik untuk belajar secara mandiri atau tanpa pendampingan pendidik. Dalam sebuah sumber belajar pendidik harus memberikan petunjuk belajar secara jelas untuk mengarahkan peserta didik kepada tujuan dalam belajar materi tersebut. Sumber belajar yang baik tentu saja yang dirancang oleh pendidik yang ditujukan untuk peserta didik, karena pendidik mengetauhi kebutuhan dari peserta didik.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY