Guru Dan Video Pembelajaran

0
319

GURU DAN VIDEO PEMBELAJARAN

Video pembelajaran merupakan salah satu sarana berbagi ide,inovasi, kreatifitas, dan pengalaman guru dalam kegiatan pembelajaran . Dalam pembuatan video pembelajaran, sesungguhnya seorang guru adalah pemegang tim produksi secara multi. Artinya guru bisa menjadi sutradara, aktor atau aktris, penyusun naskah atau skenario, editor dan bahkan pengambil  gambar.

Sebagai sutradara video pembelajaran, guru memimpin langsung proses pembuatan video pembelajaran agar berjalan sebagaimana yang diinginkan oleh guru sehingga tujuan pembelajaran dapat tersampaikan dan tervisualisasikan dengan baik , benar dan tentu saja menarik untuk ditonton. Guru juga mengarahkan gaya dan perilaku siswa yang menjadi para pemeran utama dalam kegiatan pembelajaran yang terekam dalam video.

Sebagai aktor atau aktris, guru otomatis memegang peran utama dalam kegiatan pembelajaran yang berlangsung.Guru menjadi kreator, apresiator, motivator, komunikator dan fasilitator saat proses belajar mengajar berlangsung. Guru menggerakkan semua tatanan pemeran agar semua kegiatan dapat benar-benar hidup dan berjalan secara natural.

Sebagai penyusun naskah atau skenario, guru merancang, merencanakan, dan melaksanakan pembelajaran.

Sebagai editor, guru menyunting segala bentuk gambar, potongan, tulisan yang diperlukan bagi video pembelajaran agar pesan, materi  dan tujuan yang ingin disampaikan dapat terwujud sesuai yang diharapkan.

Sebagai ‘Cameraman’ atau pengambil gambar untuk video. Dalam pembuatan video pembelajaran, guru juga bisa melakukan pengambilan gambar di tengah – tengah proses pembelajaran berlangsung. Guru lebih tahu bagian- bagian mana dari aktivitas pembelajaran yang tak boleh terlewatkan untuk direkam dalam video.

“Guru membuat video pembelajaran…. ?”  Jawabnya : “Mengapa Tidak… “

Berikut ini adalah  video pembelajaran yang saya buat dengan segenap ide dan kreatifitas saya sebagai seorang guru . Semoga menginspirasi :

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY