Asal Usul Nama Desa KEMAMANG

0
743
hanya ilustrasi

Asal usul nama desa kemamang Desa kemamang merupakan salah satu desa yang terletak di kecamaan balen bojonegoro.desa ini merupakan desa percontohan di kecamatan balen karena terkenal dengan keberishannya.

Akan tetapi dibalik semua itu tersimpan cerita tentang asal mula nama kemamang,dahulu desa ini bernama desa sitirejo,desa sitirejo merupakan pemekaran dari desa suwaloh yang berada di sebelah utara desa sitirejo.

Warga desa sitirejo sangat tentram dan damai di saat malam tiba warga berbondong bondong keluar rumah untuk bercengkrama anak anak bermain dan bercanda  di bawah sinar rembulan.

Namun pada saat itu ada warga yang menginformasikan bahwa desa sitirejo di huni oleh sosok makhluk halus berbentuk burung  bangau berwarna putih keabu abuan dengan kepala api yang menyala-nyala menurut warga sekitar makhluk ini berada di persawahan di dekat pemukiman warga.

Semenjak ada informasi itu warga tidak berani lagi untuk keluar rumah pada malam hari walapun bulan begitu terang benderang memancarkan sinarnya  kebanyakan warga takut dengan isu yang beredar karna makhluk halus tersebut hanya akan muncul pada malam hari.

Namun warga yang meyakini bahwa makluk halus tersebut tidak berbahaya dan tidak menggangu kehidupan warga sekitar dan sudah di anggap sebagai simbol kemakmuran dari warga desa sitirejo.

Isu bangau berkepala api itu cepat menyebar kepada masyarakat sekitar desa sitirejo masyarakat tersebut lebih mengenal makhluk halus itu dengan nama kemamang, lambat laun warga sering menyebut desa sitirejo dengan nama desa kemamang dan akhirnya warga sekitar desa lebih mengenal desa sitirejo dengan nama kemamang yang artinya  makhluk halus yang berkepala api.sehingga pemerintah pada saat mengganti nama sitirejo menjadi kemamang.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY